TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail

'Tempat Tidur Berantakan' Ini Terjual Rp.45 Miliar

Written By Unknown on Rabu, 02 Juli 2014


London - Karya seni modern berupa 'tempat tidur berantakan' karya seniman kontroversial Inggris, Tracey Emin, telah terjual seharga 2,2 juta Poundsterling atau sekitar Rp45 miliar di balai lelang Christie, London, Inggris.

Dikerjakan pada 1998 lalu, karya berjudul My Bed ini menampilkan tempat tidur yang belum dirapikan, sejumlah botol minuman kosong, boneka, sepasang sepatu, kondom, dan puntung rokok yang berserakan di lantainya.

Mengutip BBC, karya seni kontemporer yang memenangkan penghargaan Turner 1999 ini dijual oleh pemiliknya yaitu seorang kolektor seni, Charles Saatchi, yang membelinya senilai 150 ribu Poundsterling sekitar empat belas tahun silam.

Pada tahun itu juga, museum seni rupa Tate Gallery di London kemudian memamerkan karya Tracey Emin tersebut.

My Bed, yang merupakan salah satu karya penting gerakan seni Artist British Young, dilelang untuk mendukung Yayasan Saatchi Gallery.

Sejumlah pengamat mengatakan, karya instalasi ini merupakan menggambarkan salah-satu momen kehidupan sang perupa, Tracey Emin, 50 tahun, yang pernah mengalami trauma.

Dalam sambutannya di balai lelang Christie, Emin mengatakan, ia berharap karya seninya ini dapat mengubah persepsi masyarakat tentang konsep seni.
ARTIKEL TERKAIT

Komentar FB